Sabtu, 16 Oktober 2010

Jangan Anggap Remeh Masalah GIGI

Tips merawat GIGI

1.  Membiasakan diri untuk menyikat gigi pada usia sedini mungkin untuk mencegah timbulnya gangguan gigi yang bersifat progesif.

2.  Perlu peran aktif dari orang tua, terutama ibu untuk memperkenalkan pentingnya kebiasaan menyikat gigi setiap hari.

3.  Lakukan prinsip tell-shoew-do (jelaskan, berikan contoh, lakukan) pada anak sehingga anak mengerti dan mulai ingin mmembersihkan giginya setiap hari.

4.  Mengajari anak menyikat gigi di depan kaca agar dia mudah untuk meniru gerakan menyikat gigi yang benar.

5.  Ketika anak berusia satu tahun dan mulai banyak gigi susu yang tumbuh, sebaiknya bersihkan gigi anak terlebih dahulu, barulah biarkan anak menyikat giginya sendiri. apabila anak dibiarkan untuk menyikat sendiri dikhawartirkan tidak semua permukaan akan terkena sikat, akhirnya tidak berhis keseluruhan.

6.  Lakukan kebiasaan menyikat gigi setiap dua kali sehari, yaitu ketika sesudah makan pagi dan sebelum tidur.


    Cara menyikat gigi yang benarpun perlu perhatian khusus, yang tepat adalah menyikat gigi dari gusi lalu ke gigi, pada bagian belakang sikat diputar sedikit agar gusi mendapatkan pijatan. Bagian yang tak terlihatpun harus di sikat, arahnya bisa dibilang mutar atau dari atas kebawah, jangan dari kanan kekiri ( arah kesamping ) itu akan mengakibatkan kumannya tiidak terangkat. Dan jika di perlukan berkumurlah dengan obat mulut agar mulut atau nafas menjadi segar. Dengan menyikat gigi adalah awal dari menjaga kesehatan gigi dan dengan ranjin menyikat gigi kita pun dijauhkan dari namanya sakit gigi.


sumber :

Drg. Nita Nuryatin

Tidak ada komentar: