Selasa, 10 Januari 2012

harapan koperasi akan datang


           Mungkin, saat ini koperasi di Indonesia memang makin sulit, kondisi ini bisa dilihat hampir dipelosok negeri, terbukti hanya sekitar 189 jenis koperasi dari sekitar 649 yang melaksanakan rapat anggota tahunan. Dari hal itu dapat kita lihat bahwa koperasi di Indonesia kurang dikelola dengan baik.

           Pembangunan serta perkembangan koperasi Indonesia masih jauh dari sempurna, banyak kelemahan mendasar seperti kelemahan manajerial, kelemahan SDM, bahkan kelemahan permodalan, hal-hal tersebut merupakan indikator utama dalam membangun koperasi. untuk melakukan pembangunan serta perkembangan koperasi tentunya  memerlukan bantuan dari pihak-pihak ekstern misalnya pemerintah. Diharapkan Pemerintah Indonesia  dapat diharapkan melakukan pembinaan secara langsung terhadap kondisi internal Koperasi, misalnya Departemen Koperasi memberikan sosialiasi pendidikan serta pembinaan terhadap koperasi dimulai dari bentuk organisasinya,  manajemen koperasi dan segala usaha-usaha yang dilakukan oleh sebuah koperasi. Agar keikutsertaan pemerintah dalam pembinaan koperasi itu dapat berlangsung secara efektif, tentu perlu diadakan koordinasi atau pengarahan antara satu bidang dengan bidang lainnya. Tujuannya adalah agar terdapat keselarasnnya dalam menentukan pola pembinaan koperasi secara nasional.

Harapan-harapan yang positif terhadap koperasi   jika Pemerintah ikut membantu  dalam pembangunan koperasi ialah:
            1.Koperasi dapat diharapkan benar-benar meningkatkan kemampuannya, baik dalam meningkatkan   kesejahteraan anggota dan masyarakat
            2.koperasi diharapkan dapat turut  serta dalam membangun sistem perekonomian nasional
            3.perkembangan koperasi dapat diharapkan menciptakan usaha-usaha yang didalamnya terdapat pelaku-pelaku koperasi yang melakukan kegiatan perkembangan koperasi dengan sehat (tidak ada tujuan negatif, melainkan tujuan positif yang akan dicapai dalam organisasi koperasi).

Tidak ada komentar: