Senin, 03 Januari 2011

Pendapatan Perkapita bab 2

Berikut Negara-negara yang berada di bawah Indonesia, yaitu :
·         Mesir
Mesir menempati wilayah seluas 1.002.000 km2, Mesir termasuk negara yang pengaturan penduduknya paling tidak merata di duniadimana hampir hampir 99% penduduk tinggal berdesakan pada sekitar 4% dari seluruh luas areal ( seanjang sungai nil ). Penyebabnya tentu karena 96% wilayahnya terdsiri dari padang pasir yang gersang. Panduduk negara ini sekarang mencapai 68,5 juta jiwa, dengan kepadatan penduduk 62 jiwa perkilometer persegi. Dengan begitu mesir Negara yang terlihat berantakan. Dan juga di tengah naiknya harga kebutuhan pokok yang melanda masyarakat Mesir, dan adanya permasalahan yang berkaitan dengan komoditas strategis seperti biji-bijian, daging, minyak, serta tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan menjadi factor mengapa Mesir bisa dibawah Indonesia..
·         India
Sebuah negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu milyar jiwa, dan negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Meskipun India hanya menerima sekitar tiga juta pengunjung asing setiap tahun, pariwisata tetap penting tapi masih sumber pendapatan nasional yang belum berkembang. Inilah menjadi faktornya mengapa India pendapatan perkapitanya rendah, karena penduduknya banyak sedangkan sumber manusia dan teknologinya kurang.
·         Pakistan
Pakistan merupakan salah satu pasar potensial di kawasan Asia Selatan. Negara yang berpenduduk sekitar 152,5 juta orang dengan pendapatan perkapita US$ 1083 ini, selain mempunyai pasar yang cukup progresif juga merupakan salah satu pintu masuk perdagangan bagi negara-negara di wilayah tertutup (land locked) Asia TengahSelama lima tahun terakhir ini, karena ditopang dengan situasi politik dalam negeri yang relatif stabil dan kebijakan reformasi makro ekonomi, perdagangan luar negeri Pakistan cukup progresif. Jadi, factor yang mempengaruhi Negara ini pendapatan perkapitanya yaitu salah satunya karena situasi politiknya yang masih kurang membaik, harus cepat-cepat diselesaikan.

Pendapat :

Menurut saya mengapa Negara-negara tersebut mengalami pendapatan perkapita lebih rendah dari Indonesia yaitu karena negara tersebut memiliki penduduk yang banyak namun kurang produktif karena pengetahuan teknologi yang masih rendahproblematika kependudukan, contohnya perang saudara. Dan juga tingkat korupsinya merajarela serta sumber daya alamnya pun kurang produktif.

INDONESIA
Indonesia menduduki peringkat 105 pada tahun 2009 dan sedangkan pada tahun 2010 masih diperkirakan Indonesia menduduki peringkat 109. Indonesia mengalami penurunan pendapatan perkapita dari tahun 2009 ke tahun 2010. Saat ini Indonesia berada di peringkat menengah karena masih banyaknya tingkat kriminal korupsi dalam negara Indonesia yang berpotensi membuat pendapatan perkapita indonesia menurun.
Masih rendahnya pendapatan perkapita penduduk Indonesia, terutama disebabkan olehPendapatan/penghasilan negara masih rendah, walaupun Indonesia kaya sumber daya alam tetapi belum mampu diolah semua untuk peningkatan kesejahteraan penduduk (belum bias mengelola sumber daya alam). Jumlah penduduk yang besar dan pertambahan yang cukup tinggi setiap tahunnya dan Tingkat teknologi penduduk masih rendah sehingga belum mampu mengolah semua sumber daya alam yang tersedia.
Indonesiapun makin bertambahnya pengangguran yang membuat meningkatnya kemiskinan dalam negara indonesia tersebut. Jika ingin meningkatkan pendapatan perkapita nasional indonesia salah satu nya pemerintah harus berusaha memperbanyak ruang-ruang usaha agar supaya menurunnya tingkat kemiskinan pada negara indonesia yang terjadi pada saat ini. Untuk saat ini indonesia masih membutuhkan banyak sekali enterpreneur baru, untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan yang semakin meningkat di Indonesia, saat ini dibutuhkan sekitar 4,4 juta wirausaha, sementara jumlah wirausaha kita baru sekitar 400.

1 komentar: